Bunga Seruni atau Krisan

Halo semuanya, aku balik lagi nihπŸ’“πŸ˜‚

Kali ini aku bakal bahas tentang bunga, lebih tepatnya bunga seruni atau bunga krisan. Mungkin namanya terdengar familier dan kalian pasti pernah lihat bunga ini. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas bunga seruni, serunai, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman kapur. Jadi bunga seruni, serunai, krisan atau krisantemum itu pada intinya sama hanya namanya saja yang berbeda-beda. Nama seruni atau serunai mungkin lebih umum untuk digunakan di Indonesia sedangkan nama krisan atau krisantemum lebih umum digunakan secara global atau internasional.


Bunga Seruni Putih


Bunga seruni adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum. Berdasarkan sumber dari Wikipedia bunga ini terdiri dari kurang lebih 50 spesies. Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai γ‚­γ‚― (kiku). Karena aromanya yang wangi, bunga ini sering ditambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat.

Bunga ini terdiri dari beberapa jenis, bentuk dan warna seperti putih, kuning, ungu, orange, dan sebagiannya, yang jelas bunga ini cantik banget waktu lagi mekar. Kebetulan sekarang mama aku lagi menanam bunga seruni dengan 3 variasi warna yaitu warna putih, kuning, dan ungu. Karena lagi libur aku iseng memperhatikan perkembangan bunganya mulai dari awal sampai akhirnya mekar, walaupun butuh waktu yang lumayan lama. Kebetulan bunga yang warna kuning udah mekar duluan waktu aku sampai di rumah dan yang warna putih sama ungu lagi dalam tahap pertumbuhan, jadi bisa deh sekalian diamati. 

Dari ketiga bunga seruni yang ditanam mamaku ternyata bunga yang berwarna ungu berbeda spesies dengan bunga yang berwarna putih dan kuning. Hal itu dapat kita lihat dari bentuk mahkota bunga yang berbeda.

Berikut ini adalah tahap perkembangan bunga seruni atau krisan:

Bunga Seruni atau Krisan

Kelopak bunga masih kuncup

Bunga Seruni atau Krisan
Mahkota bunga sudah mulai tampak






















Bunga Seruni Putih
Mahkota bunga mulai mekar


Bunga Seruni Putih
Seluruh mahkota bunga sudah mekar dengan sempurna


 
  

Bonus foto bunga seruni kuning dan ungu:

 

Bunga Seruni Kuning
Bunga Seruni Kuning


Bunga Seruni Kuning
Bunga Seruni Kuning

Bunga Seruni Ungu
Bunga Seruni Ungu

  

Itulah tahap perkembangan bunga seruni atau krisan dimana setelah mekar dengan sempurna bunganya bisa bertahan selama seminggu lebih sebelum pada akhirnya layu. Dengan variasi warna yang dimiliki, bunga ini biasanya dijadikan sebagai karangan bunga atau buket bunga yang jelas ngak kalah indahnya dengan bunga lain. Ini juga bisa jadi inspirasi kalau ada yang mau wisuda, nikahan atau acara lainnya bisa menggunakan bunga seruni atau krisan biar beda dari yang lainnya. Mungkin kalau dijadikan taman bunga seruni atau krisan juga bakal indah banget ya, bunga setangkai aja udah indah apalagi kalau jadi taman bunga.😁

Okedeh sekian dulu ya postingan kali ini, semoga bermanfaatπŸŒΊπŸ˜ƒ















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Mawar

Review Love Beauty And Planet Body Lotion With Murumuru Butter And Rose Aroma